Sejarah Festival Hanami di Jepang

Hanami (花見) adalah salah satu tradisi tradisional Jepang yang populer baik di Jepang atau di dunia. Aktivitas utama dalam tradisi ini adalah menikmati keindahan bunga yang sedang mekar, dan pada umumnya bunga yang dimaksud adalah bunga sakura atau bunga plum (ume). Bunga sakura mekar diseluruh Jepang dari akhir bulan Maret hingga awal bulan Mei dan sekitar bulan Febuari untuk Pulau Okinawa. Biasanya jadwal merkarnya bunga sakura ini selalu diumumkan oleh badan cuaca di Jepang setiap tahunnya. Mekarnya bunga sakura selalu diawasi oleh orang-orang yang menanam bunga ini, karena waktu mekar bunga sakura hanya 1 atau 2 minggu saja.

Sakura Malam (yozakura)
Yozakura (夜桜) alias menonton sakura malam hari selalu begitu cantik dan merah muda ~ Cintai suasana di Taman Ueno hari ini 🌸🌸

Di dalam dunia modern sekarang ini, Hanami juga dapat berarti mengadakan pesta dibawah pohon pada siang atau malam hari. Hanami juga dapat berarti jalan-jalan di bawah pepohonan. Hanami yang diadakan pada malam hari juga disebut dengan yozakura (夜桜) atau sakura malam.

Sejarah Festival Hanami

Hanami sudah ada di Jepang berabad-abad lamanya. Tradisini sudah ada sejak periode Nara (710-794), dan ketika itu bunga plum atau ume yang dinikmati. Keika periode Heian (794-1185), bunga sakura menjadi lebih menarik untuk dinikmati dan sejak saat itu Hanami identik dengan bunga sakura.

Hanami pada jaman Edo
Hanami pada jaman Edo

Bunga sakura awalnya digunakan untuk menandakan hari panen tahunan dan menandakan musim tanam padi. Orang Jepang ketika itu percaya pada roh suci yang di dalam pohon sakura dan membuat persembahan. Kemudian orang Jepang akan minum sake untuk merayakannya. Kerajaan Saga pada periode Heian, mengadopsi kepercayaan kuno ini, sehingga mereka mengadakan Hanami sambil minum sake dan mengadakan pesta di bawah pohon sakura. Kemudian puisi akan ditulis untuk menggambarkan keindahan bunga sakura. Siklus bunga sakura dianggap sebagai cerminan hidup manusia, dimana dilihat indah dan bercahaya namun hanya sekilas/ singkat.

Hanami pada jaman Edo
Hanami pada jaman Edo

Hanami pada awalnya terbatas hanya untuk kalangan orang elit kerajaan tetapi kemudian menyebar ke kalangan samurai. Pada jaman Edo, warga Jepang biasa dapat mengikuti Hanami. Tokugawa Yoshimune kemudian menanam banyak pohon sakura untuk mendukung kebiasaan Hanami ini.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa "kue lebih menarik daripada bunga" (花 より 団子 hana Yori Dango). Pepatah ini menggambarkan bahwa orang Jepang lebih fokus pada makanan dan pesta yang diadakan daripada menikmati bunga itu sendiri.

Motojiro Kajii
Motojiro Kajii

"Di bawah pohon sakura" adalah cerita terkenal yang dikarang oleh Motojiro Kajii. Cerita ini mengatakan bahwa terdapat mayat di bawah pohon sakura.

"Mayat dikubur di bawah pohon sakura. Kamu harus percaya ini! Jika tidak, kamu tidak dapat menjelaskan keindahan bunga Sakura. Akhir-akhir ini aku gelisah, karena aku tidak bisa percaya pada keindahan ini. Tetapi sekarang aku mengerti: mayat dikubur di bawah pohon ceri! Anda harus percaya - Motojiro Kajii"

Hanami Saat Ini

istirahat siang
orang banyak berkumpul

Orang Jepang terus mengadakan tradisi Hanami hingga saat ini. Banyak orang berkumpul ditaman dimanapun pohon sakura dapat ditemukan. Mereka mengadakan pesta yang meriah dibawah pohon. Bahkan pesta ini dapat terus berlangsung hingga malam hari. Lebih dari setengah wilayah Jepang, waktu mekarnya bunga sakura datang tepat ketika waktu masuk sekolah dan mulai kerja setelah musim libur. Sehingga Hanami dijadikan sebagai pesta untuk menyambut hari yang baru.

makanan untuk merayakan tradisi Hanami

Dalam Hanami, orang Jepang merayakannya dengan makan dan minum, mendengarkan lagu, dan juga sambil bermain. Makanan-makanan khusus juga disediakan untuk perayaan Hanami ini seperti dango, bento, dan sake.

hanami pada malam hari
hujan tidak menyurutkan minat warga untuk berkumpul

Warga Jepang biasanya menaruh tikar biru dibawah pohon Sakura untuk memesan tempat untuk mereka sehingga tidak berebut dengan warga lainnya. Biasanya mereka sudah datang 12 jam sebelum acara dimulai. Kadang-kadang karyawan baru disebuah perusahaan diberikan tugas oleh atasannya untuk misi penting ini. Warga Jepang melepas alas kaki sebelum menginjak tikar biru ini.

pemandangan dari atas

Ketika Hanami berlangsung, tidak aneh jika menemukan banyak festival makanan yang diadakan di pinggir jalan kota. Kalian dapat menemukan banyak jenis makanan / jajanan tradisional Jepang disini.

festival makanan Jepang

Tempat Hanami Terbaik di Tokyo

Berikut ini kami berikan tempat-tempat terbaik untuk menikmati Hanabi di kota Tokyo ^_^

Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen (144 hektar) adalah sebuah taman yang besar dekat Shinjuku. Taman ini memiliki 1.500 pohon sakura. Taman ini cukup besar untuk dapat menemukan tempat/ spot yang sepi. Taman ini juga sangat ideal untuk mengadakan Hanami dengan skala besar. Taman ini juga memliki banyak jenis bunga Sakura yang indah.

Shinjuku Gyoen
Shinjuku Gyoen

Sungai Meguro

Terdapat kurang lebih 800 pohon sakura berjajar di pinggir sungai Meguro. Pohon-pohon ini terlihat begitu indah pada malam hari karena dihiasi oleh penerangan yang romantis. Tetapi didaerah ini tidak banyak terdapat tempat untuk mengadakan pesta. Tempat ini cocok untuk jalan-jalan. Terdapat juga beberapa toko, cafe dan juga restoran di daerah ini.

Sungai Meguro
Sungai Meguro

Chidorigafuchi

Tempat ini terletak di parit sungai Istana Edo sekitar taman Kitanomaru. Kalian boleh menyewa perahu kecil untuk menikmati indahnya pohon sakura. Pada malam hari tempat ini juga diterangi oleh lampu-lampu yang indah.

Chidorigafuchi
Chidorigafuchi

Taman Menara Bukit Roppongi

Terdapat 75 pohon sakura muda di lereng belakang taman Roppongi. Sangat romantis pada malam hari. Populer dikalangan pasangan kekasih.

Taman Menara Bukit Roppongi
Taman Menara Bukit Roppongi

Taman Botanis Koishikawa

Tempat yang cukup sepi untuk menikmati beberapa jenis pohon sakura. Tempat ini tidak buka pada malam hari.

Taman Botanis Koishikawa
Taman Botanis Koishikawa

Taman Timur Istana Kerajaan

Taman ini terletak di timur istana kerajaan di Tokyo. Tempat ini terbuka untuk umum.

Taman Timur Istana Kerajaan
Taman Timur Istana Kerajaan

Taman Ueno

Taman Ueno (133 hektar) adalah tempat yang pas jika kalian mau melihat pesta Hanami dalam skala besar. Biasanya tempat ini sangat ramai sekali. Taman ini memiliki sekitar 1000 pohon sakura ditambah dengan kolam Shinobazu yang sangat indah. Pohon Sakura di taman ini termasuk yang lebih dahulu mekar di Tokyo.

Taman Ueno
Taman Ueno

Taman Yoyogi

Taman Yoyogi (134 hektar) adalah sebuah taman yang besar yang memiliki sekitar 600 pohon Sakura. Tempat ini merupakan tempat favorit bagi anak-anak muda sekitar daerah Harajuku dan Shibuya

Taman Yoyogi
Taman Yoyogi

Taman Koganei

Taman kedua terbesar di Tokyo (196 hektar) dengan 2000 pohon sakura di area taman.

Taman Koganei
Taman Koganei

Momen-momen Indah

Berikut ini adalah beberapa gambar yang berhasil diambil ketika Hanami berlangsung

Pemandangan Gunung Fuji dengan buka Sakura

Membawa sepeda di bawah pohon Sakura

Kyoto

Oleh Halo Jepang pada April 2013 - Hanami

Pencarian terkait: Makalah tentang hanami, hanami latte adalah, minuman hanami adalah, hanami artinya, sejarah festival hanami jepang, tas hanami, hanami latte fore adalah, bunga sakura