Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Esensi Musik Lo-Fi: Kunci Menuju Relaksasi Murni Musik

lagu lo-fi terbaik, lo fi artinya, cara membuat video lofi, kepanjangan lofi, pengertian lo-fi, mardial lo fi, cara membuat lagu indie, download lagu lofi

Apa itu Lo-fi?

Musik lo-fi, singkatan dari "low fidelity" merujuk pada jenis musik yang sengaja dihasilkan dengan kualitas suara rendah. Musik ini sering kali memiliki elemen-elemen seperti suara rekaman yang kurang jernih, noise, dan efek vintage. Musik lo-fi sering digunakan untuk menciptakan atmosfer santai atau sebagai latar belakang yang menenangkan.

Dari efek nya itulah yang membuat musik jenis ini membuat pendengarnya rileks dan santai, Some people say it’s a music for lonely people, well that is true, tapi ini adalah musik yang mana siapa pun boleh mendengarkan nya kalo mereka suka.

kalo kita cari di wikipedia apa itu Lo-Fi maka seperti ini:


Pengertian Lo-Fi

Lo-fi adalah kualitas musik atau produksi di mana elemen biasanya dianggap sebagai ketidaksempurnaan rekaman atau kinerja yang terdengar, kadang-kadang sebagai pilihan estetika yang disengaja. Standar kualitas suara (kesetiaan) dan produksi musik telah berkembang selama beberapa dekade, yang berarti bahwa beberapa contoh lama dari lo-fi mungkin tidak diakui pada awalnya. Lo-fi mulai diakui sebagai gaya musik populer pada 1990-an, ketika itu secara bergantian disebut sebagai musik DIY.

Distorsi harmonik dan "kehangatan analog" terkadang disalahartikan sebagai ciri utama musik lofi. Estetika sebenarnya ditentukan oleh penyertaan elemen yang dianggap tidak diinginkan dalam konteks profesional, seperti nada yang dimainkan secara tidak tepat, gangguan lingkungan, atau ketidaksempurnaan fonografik (sinyal audio yang memburuk, desisan kaset, dll). Artis perintis, berpengaruh atau terkenal termasuk Beach Boys (Smiley Smile), R. Stevie Moore (sering disebut sebagai "Godfather of House"), Paul McCartney (McCartney), Todd Rundgren, Jandek, Daniel Johnston, Guided by Voices, Sebadoh, Beck, Trotoar dan Ariel Pink.

Meskipun "lo-fi" telah berada dalam leksikon budaya selama kira-kira "kesetiaan tinggi", WFMU DJ William Berger biasanya dikreditkan dengan mempopulerkan istilah pada tahun 1986. Di berbagai titik sejak 1980-an, "lo-fi" telah dikonotasikan dengan budaya kaset, etos DIY punk, indie rock, primitivisme, musik orang luar, keaslian, stereotip pemalas / Generasi X, dan nostalgia budaya. Gagasan tentang musisi "kamar tidur" berkembang setelah munculnya stasiun kerja audio digital modern, dan pada akhir 2000-an, estetika lo-fi menjadi dasar dari genre musik chillwave dan hypnagogic.

Halaman di terjemahkan dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Lo-fi_music

Komunitas musik ini sudah banyak sekali, dan mulai menjalar ke indonesia. Lo-Fi awalnya tidak terlalu tenar di indonesia karena memang jarang orang yang tau jenis musik ini mereka hanya mendengar dari artis-artis tertentu.

Salah satu artis yang musiknya bisa dikategorikan Lo-Fi adalah Joji or you may know him as Pink Guy from Filthy Frank. Kenapa? karena beliau pernah manggung di DWP pada tahun 2017, dan saat dia mulai meninggalkan personanya sebagai Pink Guy, Filthy Frank, Salamander Man, Lord Chin-Chin etc. dia mulai sering muncul di youtube dan daerah sekitarnya.

Lagu-lagunya mulai digali eksistensinya, walau sebenarnya dia pernah membuat sebuah album “Chloe Burbank Vol.1” di saat dia masih dikenal sebagai Pink Guy.

Setelah dia mulai mencoba keluar dari Omniversenya Filthy Frank, Lagu-lagunya mulai tenar dan video klip yang merupakan pembuka karir solonya sebagai musisi adalah “Will He” untuk album barunya yaitu “In Tongues”. Kini Joji merupakan artis di Internet dan bergabung bersama 88 Rising yaitu komunitas Musisi rapper dari Asia.


Lagu Lo-Fi terbaik

Ada banyak sekali musisi yang bergenre Lo-Fi ini, seperti Shiloh, Jinsang, Nujabes(almarhum) etc. i cant explain it to you one by one, it’s your choice to explore this music genre, dont block your music taste with only one genre, there so many choice for us to listen to a good music.

Nah, itulah pengertian dari musik Lo-fi, kamu juga dapat menemukan artikel ini pada laman https://pieceofnovember.wordpress.com/2018/03/09/apa-itu-lo-fi/.

Orang lain juga menelusuri: lagu lo-fi terbaik, lo fi artinya, cara membuat video lofi, kepanjangan lofi, pengertian lo-fi, mardial lo fi, cara membuat lagu indie, download lagu lofi

Aesthetic
Aesthetic Fakta Gambar (Science Fact), Kutipan (Quote Of The Day), Ulasan (Science Review), Tips, Artikel.

2 comments for "Memahami Esensi Musik Lo-Fi: Kunci Menuju Relaksasi Murni Musik"

Berikan masukan, ajukan pertanyaan, atau ucapkan selamat