Arti Hanfu

Ancient Beauty Chinese hanfu

Hanfu (Tionghoa sederhana: 汉服; Tionghoa Tradisional: 漢服; "Pakaian Han"), juga disebut sebagai Hanzhuang (漢裝) ataupun Huafu (華服), adalah busana tradisional bangsa Han Tionghoa yang berasal dari Tiongkok. Istilah Hanfu berasal dari Buku Han. Busana hanfu telah dikenakan selama berabad-abad sepanjang era kekaisaran masa Dinasti Tiongkok dan memiliki sejarah yang panjang dan memiliki model dan variasi yang kaya. Pada zaman modern kini hanfu dikenakan sebagai busana adat tradisional Tionghoa oleh para peminat busana hanfu ataupun penggiat Sejarah Tiongkok, serta pada perayaan-perayaan istimewa Tionghoa, seperti perayaan Tahun Baru Imlek ataupun pernikahan adat. Meskipun kini busana model Cheongsam lebih populer sebagai busana adat orang Tionghoa.

Artikel terkait, baca Arti Hanfu: Pakaian Tradisional Tiongkok

Etimologi

Sejak masa Dinasti Song dan Yuan, catatan resmi mulai menggunakan istilah "Hanfu" untuk merujuk kepada busana Bangsa Han. Pada Dinasti Liao, Kaisar Liao dan seluruh pegawai kerajaan Han mengenakan Hanfu, sedangkan Permaisuri dan sebagian Khitan mengenakan pakaian kebangsaan mereka sendiri. Pada masa Dinasti Yuan, pegawai telah mencatatkan "Hanfu" dalam kitab Sejarah Liao.

Istilah "Hanfu" digunakan untuk merujuk kepada sistem berpakaian bangsa Han. Meskipun demikian istilah ini tidak selalu digunakan oleh golongan Han, istilah ini lebih lazim digunakan oleh kelompok suku bangsa lain. Tujuannya adalah untuk membedakan sistem berpakaian Han dengan sistem pakaian suku bangsa mereka sendiri.

Foto Hanfu Cina

Ancient Beauty Chinese hanfuAncient Beauty Chinese hanfuAncient Beauty Chinese hanfuAncient Beauty Chinese hanfuAncient Beauty Chinese hanfuAncient Beauty Chinese hanfu

Hanfu tradisional Tiongkok oleh 冉韵Chaxiirey
Hanfu Oleh Wikipedia
Foto Oleh Hanfu Gallery

Foto lain bisa dilihat di Ancient Beauty Pinterest